Http://Dota.RajaGame.com/forum
 
IndeksGroupPendaftaranLoginDota.RajaGame.com

Share | 
 

 Sejarah Dota

Go down 
PengirimMessage
Tamu
Tamu



PostSubyek: Sejarah Dota   Sat Nov 29, 2008 1:46 am

DOTA??? Binatang apakah itu?
DOTA (Defense Of The Ancient) selalu terngiang-ngiang ditelingaku sejak maret 2005.
DOTA merupakana salah satu map dalam game warcraft 3. Sesuai dengan namanya, DOTA berarti mempertahankan ancient dari serbuan musuh. Pemenangnya adalah yang pertama sekali menghancurkan ancient musuh.

Sedikit sejarah mengenai DOTA...

Warcraft 3 merupakan multiplayer game yang paling populer saat ini, karena popularitas salah satu map-nya yaitu : DOTA ALLLSTAR. Pada Awalnya DOTA merupakan kreativitas diri penggemar warcraft dalam mengekspresikan rasa cintanya kepada warcraft 3. DOTa pertama sekali dikembangkan oleh EUL. Euldisini bukan nama yang sebenarnya, tapi merupakan nickname. DOTA versi 5.6? (Duh dah lupa euy) it map DOTA yang pertama gw mainin. Lalu EUL berhenti, sekalipun DOTA mendapatkan sambutan antusias (terutama sama user di amerika sana), pekerjaan mengembangkan map DOTA dilanjutkan oleh GUINSOO.
Oleh Guinsoo ada beberapa perubahan baik dalam hero, ability hero, stats hero, Item. Pada masa muncul 2 item baru yaitu Guinsoo schyte dan Eul scepter of divinity (kedua nama item ini disamakan dengan nama pembuat mapnya). Final work dari Guinsoo adalah map Dota Allstars 5.84b. Map yang sangat legendaris, dengan masa pakai lebih dari 6 bulan. Map yang penuh dengan BUG, Imbalance dan loadaing yang sangat lama. Map ini merupakan generasi terakhir dari Map yang punya waktu loading yang lama (rata-rata loadaing timenya sekitar 30mnt). Kemudian seorang dari rusia bernama TRUE.RUS mengoptimalisasi Map 5.84b dan mengubah namanya 5.84c. Kedua map ini hampir identik, perbedaannya adalah waktu loading time yang dipersingkat oleh true.rus menjadi sekitar 5 menit.
Selepas 5.84c praktis DOTA ALLSTAR mandek. Tak ada hal yang baru, karena baik Guinsoo maupun true.rus tidak melanjutkan project mereka.(sekalipun guinsoo sempat mengeluarkan dota 6.01) Kemudian seorang bernama Icefrog muncul (here came the man). Ditangan icefrog dota terus berkembang hingga versi sekarang 6.55.

Gameplay

Pada dasarnya permainan DOTA Allstar cukup berbeda dari induknya yaitu Warcraft 3.
Perbedaanya adalah, pada warcraft 3 biasa mempertemukan 4 ras besar yaitu human, orc, elv dan undead aka scourge, pada DOTA Allstar hanya ada 2 faksi yang bermusuhan yaitu sentinel vs scourge, kedua faksi ini akan bertempur untuk menghancurkan markas lawan. Sistem permainan dalam warcraft 3 kita mulai dengan pengaturan sumber daya, membuat building, membuat unit, upgrade building, upgrade unit, ekspansi, perang dilakuakn dalam waktu yang hampir bersamaan. Pada Dota Allstar kita HANYA mengendalikan satu karakter. Satu karakter yang memilki kemampuan yang unik dan dapat berkembang seiring jalannya permainan. Karakter tersebut kita namai HERO. Perkembangan karakter ini berbeda-beda, tergantung kelasnya, level (experience), item (yang dibeli pakai gold) dan abilitynya. dalam permainan 5v5 kita diberi modal awal gold sekitar 700-an. sekitar 250 kita pake untuk membeli hero. Hero bisa dibeli di tavern(lihat gambar tavern), setelah dibeli, hero akan muncul pertama sekali di fountain, disini hero bisa memulihkan HP dan MP secara cepat. Total ada 8 tavern 4 di scourge dan 4 di sentinel. Sisa gold itu bis akita beli item atau ditabung untuk membeli item yang lebih mahal. Uang ini akan bertambah 8 gold/7 detik (pasif) dan dari membunuh atau menghancurkan unit lawan (baik hero, krip maupun bangunan). Besarnya gold yang didapat dari menghancurkan unit lawan variatif, mulai dari 30-an sampai 800-an. Dalam pertempuran kita juga dibekali oleh tentara-tentara kacangan yang dalam hal ini kita sebut sebagai creep. Krip ini muncul dalam tiap rentang waktu tertentu, bergerak sesuai dengan jalurnya, tidak bisa dikontrol dan akan memukul unit lawan (baik krip, hero ataupun bangunan).









1. Gambar preview mengenai keadaan hero kita. Gambar muka menyatakan bentuk muka hero kita. Bar horizontal yang berwarna kuning menyatakan HP (hit point) atau nyawa, bila HP kita mencapai nol maka hero kita akan mati dan bangkit lagi dalam selang waktu tertentu di markas. Bar mendatar yang berwarna biru menyatakan Mana Point (MP). Mana ini diperlukan untuk mengeluarkan jurus aktif.
2. Minimap alias map yang dibuat dalam versi kecil. Kita bisa melihat pergerakan unit teman kita dan juga unit lawan yang masuk dalam jarak pandang kita dan teman kita. Hero kita ditandai dengan bulatan besar berwarna putih. Sedangkan hero teman dan lawan ditandai dengan bulatan besar berwarna lainnya. Sedangkan kotak-kotak kecil yang bergerak merupakan representasi dari creep. Sedangkan kotak-kotak yang diam menunjukkan markas lawan.
3. Keterangan lengkap dari 1. Bila pada 1 hanya overview, maka pada nomor 3, besarnya HP dan MP direpresntasikan langsung secara angka
4. Nama,experinece, damage dan stats hero. Nanti akan dijelaskan lebih lanjut
5. Item hero. Maksimal ada 6 slot item yang bisa kita pakai. Keterangan lebih lanjut mengenai item akan dijelaskan lebih lanjut nanti.
6. Spell atau jurus, merupakan kemampuan hero, setiap hero punya jurus yang berbeda-beda. Jurus ada 2 tipe, aktif dan pasif. Aktif artinya, untuk mengeluarkan jurus tersebut maka kita memerlukan MP dan jurus tersebut harus diekskusi (diklik). Pasif artinya jurus tersebut tidak perlu diekskusi dan tidak perlu MP.
7. Stat, untuk mengambil ability baru. Setiap kenaikan level kita diperbolehkan mengmabil suatu ability tertentu. Semakin tinggi level otomatis akan semakin banyak ability yang dipunyai.
8. Perintah untuk hero. Paling kiri merupakan perintah move atau jalan (bisa juga menggunakan klik kanan), yang disebelahnya adalah hold, membuat hero diam ditempat, perintah paling kanan adalah attack, menyerang target yang kita inginkan.



tambahan: pada bagian atas mulai dari yang paling kiri:
quest, menu, allies, chat merupakan menu permainan. pada tengah atas menyatakan waktu (dalam permainan) gambar bulan menyatakan malam. Disebelahnya ada angka 2227, menyatakan gold yang dimiliki.



* Pada bagian tengah tertulis azwraith. Azwraith merupakan nama dari hero ini

* Dibawahnya tertulis level 21 Phantom lancer dengan baru ungu yang terisi seperempat. Phantom lancer merupakan job dari hero ini. Bar ungu menyatakan bar experience, ketika bar tersebut penuh, maka level akan naik dan bar akan mengisi lagi dari kosong.

* Damage: 100-122+164 itu enyatakan range damage yang dihasilakn setiapkali hero memukul lawan. 100-122 merupakan damage asli dari hero, damage ini meningkat seiring meningkatnya level hero. +164 merupakan tambahan damage yang berasal dari item dan stats.

* armor:10+2.2 menyatakan besarnya armor yang kita miliki. Semakin besar armor, semakin kecil damage yang kita rasakan. Besar kecilnya armor ditentukan oleh item dan agility.

* status: pada bagiantengah bawah terdapat status, status menyatakan status ataupun keadaan hero kita, status ada yang baik dan ada yang jelek.

* Tepat ditengah2 kita melihat gambar kaki. Hal ini menyatakan tipe hero kita (atribut hero), yaitu agility. Ada 3 tipe, yaitu agility (bergambar kaki), strength (bergambar tangan) dan intelegence(bergambar kepala).

* Disebelah gambar kaki ada tulisan:

1. Strength: 59+16 --> Menyatakan besarnya strength hero tersebut. Semakin besar strength, maka HP akan semakin besar. Begitu juga dengan HP regeneration.
2. Agility: 78+16 --> Menyatakan besarnya agility hero tersebut. Sesuai dengan atribut hero agility, maka stat ini memilki angka yang paling gede. Semakin besar agility, maka armor semakin besar begitu juga dengan Attack Speed.
3. Intelegence: 50+22 --> Menyatakan Intelegence hero kita. Semakin besar intelegence maka MP akan membesar begitu juga dengan MP regeneration.

Perlu diingat, stat tersebut berkolerasi dengan segala kemampuan hero kita. Bisa dibilang stat adalah inner ability dari hero kita. Stat yang putih merupakan bawaan hero yang berubah sesaui dengan level. Sedangkan yang berwarna hijau merupakan stat tambahan dari item dan juga ability.


Setelah mengetahui apa yang kita lihat di layar. Ada baiknya kita mengetahui perintah perintah dasar dalam permainan.
1. Untuk menjalankan hero, kita bisa mengklik kanan pada area yang kita inginkan. Maka hero akan mencari jalan yang tercepat dari titik asal ke titik yang kita perintahkan.
2. Untuk memukul lawan, kita tinggal menekan klik kanan pada target yang ingin kita pukul. Secara default hero akan mukul target terdekat yang berada pada jarak pukulnya.
3. tombol qwertyasdfgzxcv merupakan tombol yang sering dijadikan shorcut jurus/spell. Tinggal tekan jurus yang sesuai, misalnya jurus: Finger of Death (F), tinggal tekan tombol F, lalu klik kiri di target maka jurus finger of death akan keluar.

Perkembangan Hero:

Hero bisa berkembang secara luar biasa. Tiap-tiap hero punya job-job khusus dan spesifikasi tertentu. Secara umum perkembangan hero ditentukan oleh level dan item. semakin tinggi level dan semakin bagus item hero, maka hero akan menjadi semakin kuat dan kemungkinan menangnya akan semakin besar. Khusus untuk item, saya tidak akan membahas satu-satu itemnya (banyak pisaannn!!!!). Item bisa dibeli di shop, tempatnya shop ada disekitar fountain, tinggal klik kiri di bangunan-banguan sekitar fountain, dan ada 1 tempat rahasia di tengah-tengah hutan (silahkan dicari sendiri).Tapi ada 2 tipe item, item yang sekali pakai dan item yang permanen. Item yang sekali pakai, sesuai dengan namanya, itemnya bis ahabis bila dipakai terus menerus. Item permanen terbagi 2 juga: item resep dan item biasa. Item biasa adalah item yang langsung bisa kita beli di shop, sedangkan item resep adalah item baru yang merupakan kombinasi dari item-item yang kita beli langsung. Adapun resep dan bahannya bisa
dilihat di shop di dekat fountain. Item resep terbagi dalam 5 kelas. Level 1-4 dan level yang tidak terdefinisi dengan jelas (unclasified). semakin tinggi levelnya, semakin dahsyat dan semakin mahal itemnya. Untuk lebih jelasnya silahkan liat gambar fountain.



Benzel, sena dan cache( dan satu lagi shop rahasia di hutan) menjual item permanen, sedangkan chimaera roost menjual item sekali pakai. Item level 1-4 dan unclasified menjual resep.

Wuihhh nda terasa dah panjang kali tulisan awa kali ini. Secara umum sudah diterangkan tadi. Pilih hero, cari uang, dapaten level, beli item, kalahkan hero lawan, hancurkan markas lawan dan menang!!! And sebagai kata penutup: Monsssteeerrrrrr killllllllllllllll!!!!

Kembali Ke Atas Go down
 
Sejarah Dota
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Billyard..
» YoYo
» Funky KOpral, ada yang tahu ?? c'mon masuk
» Sejarah Motor kamu Sampai sekarang
» Crime Story #2 : Akhir Petualangan "Whitey Bulger"

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Http://Dota.RajaGame.com/forum :: Warcraft III RajaGame's :: General Discusion-
Navigasi: